10 Alat Masak yang Harus Ada Saat Kamu Masak di Dapur

Percaya nggak kalau peralatan dapur yang tepat bisa buat masak lebih mudah?

Memasak adalah kegiatan yang selalu kita lakukan selagi di rumah, baik itu untuk memasak makanan atau sekedar merebus mie saja. Dari yang sederhana sampai yang rumit, pastinya membutuhkan setidaknya 2 alat masak.

Kamu yang hobi memasak tentu sudah tahu alat-alat masak apa saja yang harus ada saat hendak masak di dapur. Lalu bagaimana untuk kamu yang baru saja menikah dan tinggal tanpa orang tua atau baru pindah ke kosan sendiri?

Daripada bingung dan panik karena alat masak di dapur baru tidak lengkap, sebaiknya kamu simak daftar alat masak yang harus ada saat kamu masak di dapur dari Kania berikut ini!

  1. Kalau mau masak di dapur, harus punya kompor
    kompor
    Alat masak di dapur yang paling utama adalah kompor. Jika tidak ada kompor, kamu jelas akan mendapatkan kesulitan saat ingin menggoreng atau merebus. Kalau sudah ada kompor, jangan lupa untuk memastikan gasnya selalu ada supaya proses memasak tidak terganggu. Memilih kompor juga harus hati-hati supaya tahan lama, pilihlah kompor yang berkualitas.
  2. Masak di dapur pasti manfaatkan wajan dan panci
    wajan dan panci
    Wajan akan berguna saat kamu hendak memasak dan menumis bahan makanan. Sedangkan panci bisa kamu gunakan untuk membuat sup atau merebus air. Peralatan masak ini penting supaya kegiatan masak di dapur lebih menyenangkan, pilihlah wajan anti lengket dan sediakan panci ukuran sedang.
  3. Susah matang di dapur jika nggak tersedia spatula
    spatula
    Tanpa spatula, kamu akan kesulitan saat masak di dapur nanti. Kebayang nggak, jika harus mengaduk masakan menggunakan sendok makan? Yang ada tanganmu kepanasan dan masakan tidak teraduk dengan baik. Tapi, pilihlah spatula yang berkualitas ya, karena spatula berkualitas buruk bisa menyebabkan kanker.
  4. Sebelum matang di dapur, anda perlu pisau dan talenan
    pisau dan talenan
    Sebelum masak di dapur kamu harus menyiapkan bahan makanan seperti sayur dan bawang. Oleh karena itu, kamu membutuhkan pisau dan talenan untuk memotongnya ke dalam ukuran yang sama. Pisau juga harus rajin kamu rawat, supaya pisau nggak jadi tumpul atau pisau jadi berkarat.
  5. Saat masak di dapur, baskom juga nggak kalah penting
    baskom
    Baskom yang berkualitas bagus dan nggak mudah pecah akan berguna saat kamu menyiapkan bahan makanan untuk masak di dapur. Misalnya saja saat merendam bihun, mencuci cetakan kue, atau mencuci sayuran. Nggak perlu repot lagi saat menyiapkan bahan masakan!
  6. Siapa menyadari anda perlu ulekan untuk menghaluskan bumbu matang di dapur
    batu giling
    Masakan Indonesia terkenal menggunakan banyak rempah-rempah yang harus dihaluskan alias diulek. Untuk urusan yang satu ini, kamu perlu ulekan dari batu. Katanya sih, rempah-rempah yang diulek pakai ulekan batu ini rasanya lebih nikmat daripada rempah yang dihaluskan dengan cara diblender.
  7. Si kecil cempal yang bermanfaat saat masak di dapur
    cempal
    Kehadiran cempal atau sarung tangan dapur sering dilupakan karena ukurannya kecil. Padahal cempal ini sangat berguna untuk melindungi tanganmu dari panas saat hendak memindahkan panci atau wajan sehabis masak di dapur. Daripada tanganmu kena luka bakar, sebaiknya sediakan cempal ini dari sekarang!
  8. Masak di dapur lebih cepat manfaatkan alat parut
    alat parut
    Memotong bahan makanan dalam ukuran kecil akan memakan waktu banyak, apalagi untuk kamu yang tidak terbiasa menggunakan pisau. Daripada tangan mendapat luka dan waktu terbuang sia-sia, belilah parutan. Dengan satu gerakan memarut saja, kamu bisa mendapatkan bahan makanan yang terpotong dalam ukuran kecil dalam jumlah banyak. Proses menyiapkan bahan masak di dapur pun jadi lebih mudah.
  9. Penanak nasi untuk mempercepat proses memasak di dapur
    Rice cooker
    Memasak nasi kuno memang menghabiskan waktu dan membuang energi karena Anda harus mendidih, kemudian pindah ke kapal. Pemasak nasi dengan kualitas bagus, Anda hanya bisa mencuci beras dan kemudian memutar kenop untuk memasak. Nasi matang untuk dirinya sendiri dalam waktu singkat dan dapat terus memasak di dapur.
  10. Jika Anda ingin memasak di dapur saat resep dibaca, Anda perlu mengukurnya
    timbangan
    Untuk koki pemula, panduan utama saat memasak di dapur adalah buku resep. Dalam resep biasanya ada ukuran bahan masakan. Untuk lebih tepatnya, skala diperlukan untuk mengukur bahan untuk memasak.

Itulah 10 peralatan matang yang wajib tersedia di dapurmu, alat-alat yang mana saja yang telah anda punya?