Cara Merawat Peralatan Dapur Yang Benar

Cara Merawat Peralatan Dapur Yang Benar

Hanya sedikit orang yang merasa terinspirasi di dapur ketika berhadapan dengan sendok yang terkelupas atau pisau tumpul. Peralatan dapur yang dirawat dengan baik membuat memasak lebih menyenangkan dan membantu mempermudah persiapan makanan. Memahami persyaratan perawatan dari alat dan peralatan favorit Anda memperpanjang usia mereka sehingga mereka dapat melayani dengan andal selama bertahun-tahun.

Alat-alat Kayu

Sendok kayu, talenan, dan mangkuk memerlukan pencucian tangan, karena mesin pencuci piring pada akhirnya akan menurunkan kualitas kayu, menyebabkan retak atau melengkung. Cuci alat-alat kayu dengan air sabun hangat, lalu bilas sampai bersih. Talenan biasanya membutuhkan pembersihan lebih dalam, jadi gosoklah dengan garam untuk menyisirnya sebelum dicuci dan dikeringkan. Menyeka mangkuk dan talenan dengan minyak mineral menggantikan minyak di kayu agar tidak retak. Simpan talenan berdiri di ujungnya agar tidak melengkung.


Perawatan Peralatan Masak

Perawatan pot dan wajan tergantung pada jenis bahan. Bersihkan besi cor dengan air panas dan spons non-abrasif, lalu lap hingga kering. Sabun dan abrasive yang keras merusak bumbu pada besi cor. Lapisi bagian dalam wajan dengan lapisan tipis minyak sebelum disimpan. Panci antilengket membutuhkan pencucian tangan dengan air sabun yang panas dan spons kain yang agak kasar. Panas tinggi dan peralatan logam dapat memecahkan lapisan antilengket, jadi hanya memasak di atas api sedang dan menggunakan peralatan plastik atau kayu. Hindari menumpuk panci antilengket, yang dapat menyebabkan goresan pada lapisan. Peralatan masak stainless steel dan enamel aman digunakan untuk mesin pencuci piring, tetapi hindari abrasive keras yang dapat menggores permukaan.

Perawatan Pisau

Menggunakan talenan saat memotong mencegah pisau tumpul. Talenan kayu lebih disukai karena pisau tumpul plastik lebih cepat. Cuci pisau dalam air sabun yang panas. Hindari meletakkannya di wastafel karena Anda lebih suka memotong sendiri dengan pisau basah, dan piring lain di wastafel bisa membuat pisau tumpul atau tumpul. Anda bisa mengeringkan pisau stainless steel, tetapi baja karbon bisa berkarat jadi pastikan untuk mengeringkan pisau ini segera setelah dicuci dan dibilas. Menyimpan pisau di blok atau sarung mencegah kecelakaan dan membantu menjaga ujung pisau. Pertajam pisau Anda segera setelah tumpul.

Kunjungi Situs : https://www.userbola.xyz/

Pisau tumpul tidak hanya memotong dengan buruk, tetapi mereka lebih cenderung terpeleset dan menyebabkan cedera. Anda dapat menggunakan pengasah pisau sederhana yang digunakan untuk menggambar pisau beberapa kali, atau Anda dapat mengasah secara manual dengan tangan dengan baja penajam. Saat menggunakan baja, pegang pisau pada sudut ke batang baja, dan tarik sepanjang batang, geser pisau sehingga pisau melewati batang dari pegangan ke ujung. Ulangi proses ini beberapa kali di kedua sisi blade untuk mempertajamnya secara merata.

Peralatan Plastik

Alat-alat plastik, termasuk sendok, spatula, dan oven microwave, biasanya aman untuk dicuci dengan mesin pencuci piring, tetapi selalu periksa terlebih dahulu ke pabriknya. Plastik kadang-kadang akan meleleh atau melengkung di rak mesin cuci piring yang lebih rendah, jadi gunakan rak bagian atas atau cuci tangan plastik dengan air sabun. Hindari abrasive yang keras, yang dapat menggores permukaan plastik. Sebagai gantinya, gunakan scrubber nilon untuk menghilangkan makanan yang membandel. Simpan perlengkapan plastik rata untuk menghindari lengkungan. Beberapa makanan, terutama yang mengandung jus asam seperti saus tomat dan jus buah, dapat menodai peralatan plastik dan peralatan masak.